rpp literasi 4c ppk
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Berbasis PPK, Literasi, 4C, HOTs
Berdasarkan
Permendikbud No 20 / 2016 tentang SKL,
Permendikbud No 22 / 2016 tentang Proses
Permendikbud
No 23 / 2016 tentang Penilaian.
Permendikbud No 37 / 2018 tentang KI-KD.
Permendikbud No 23 Tahun 2015 tentang PPB (Penumbuhan Budi Pekerti, Permendikbud
No 87 Tahun 2017 tentang PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), Permendikbud No
20 Tahun 2018 tentang PPK (Penguatan Pendidikan Karakter pada satuan pendidikan
formal)
Sekolah
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
|
Materi Pokok
|
:
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
A. KOMPETENSI INTI
KI-1
|
:
|
|
KI-2
|
:
|
|
KI-2
|
:
|
|
KI-4
|
:
|
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR
(KD-KI1,
KD-KI2, KD-KI3, KD-KI4
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
|
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
5.
|
|
dst
|
D. MATERI PEMBELAJARAN
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
Saintifik
|
2.
|
Model dan Strategi
Pembelajaran
|
:
|
|
3.
|
Metode Pembelajaran
|
:
|
F. MEDIA PEMBELAJARAN DAN ALAT/BAHAN
PERAGA
1.
|
Media
|
|
a.
|
Worksheet atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
|
|
b.
|
Lembar Penilaian Sikap
Spiritual
|
|
c.
|
Lembar Penilaian Sikap
Sosial
|
|
d.
|
dll
|
|
e.
|
dll
|
|
2
|
Alat/Bahan
|
|
a.
|
Papan Tulis
|
|
b.
|
dll
|
|
c.
|
dll
|
|
d.
|
dll
|
G. SUMBER BELAJAR
1.
|
Buku Guru ...........
|
2.
|
Buku Siswa
...................
|
3.
|
Laman
Internet.......................
|
4.
|
Buku referensi yang
relevan.....................
|
5.
|
Film ................
|
6.
|
Dll
|
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1
. PERTEMUAN PERTAMA (... X ...
MENIT)
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN (15 MENIT)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi .............................
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan
|
KEGITAN INTI
(........MENIT)
|
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1-- Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi tentang ...................... dengan
cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar
kerja materi tentang............................................
Ø Pemberian
contoh-contoh materi tentang...................... untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan materi tentang ..................
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait materi
tentang .........................
v Mendengar
Pemberian materi tentang .........................oleh
guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi tentang
......................... untuk melatih sikap .................................................................
|
2-- Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi tentang
......................... yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar.
v Mengajukan
pertanyaan
................................................
|
3-- Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi tentang
......................... yang
sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan
dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber
lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi
dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman materi tentang
......................... yang
sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum
dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi tentang ......................... yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi
tentang .........................yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi tentang
.........................
v Mengumpulkan
informasi
Mencatat semua informasi tentang materi tentang
.........................yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan
ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi tentang ......................... dengan sikap
................ sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar
informasi materi
tentang .........................:
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
4-- Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
v Berdiskusi
tentang data dari materi tentang .........................
v Mengolah informasi dari materi tentang
.........................yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
|
5-- Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
tentang ..............................
.
|
6-- Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi materi tentang
.........................berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
........................dll.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi
.......................................
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi ......................dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi ..................... yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi ..............................................................
v Menjawab
pertanyaan tentang materi ............................yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi .................................. yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi ................................. yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan
|
KEGIATAN
PENUTUP (15 MENIT)
|
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi ................................. yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi .................................yang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi .................................
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran .................................
v Memberikan
penghargaan untuk materi .................................kepada kelompok
yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan
|
2 . PERTEMUAN
KEDUA (..... X ..... MENIT)
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN (15
MENIT)
|
Orientasi
v ----------
v ---------
Aperpepsi
v ----------
v ---------
Motivasi
v ----------
v ---------
Pemberian
Acuan
v ----------
v ---------
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan
|
KEGIATAN
INTI ( ........ MENIT )
|
intak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1-- Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
v ----------
v ---------
v
|
2-- Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
v ----------
v ---------
|
3-- Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
COLLABORATION (KERJASAMA)
v
----------
v
---------
|
4-- Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
v ----------
v ---------
|
5-- Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
v ----------
v ---------
|
6-- Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v ----------
v ---------
|
Catatan :
Selama pembelajaran Hikmah dan manfaat
dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
KEGIATAN
PENUTUP (15 MENIT)
|
Peserta didik
:
v ----------
v ---------
Guru :
v ----------
v ---------
|
Catatan :
Selama pembelajaran Hikmah dan manfaat
dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran) berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
I.
PENILAIAN
LEMBAR ANALISIS INDIKATOR UNTUK PENENTUAN KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DAN PENILAIAN
(dibuat
untuk setiap RPP)
KOMPETENSI DASAR
Tulis dengan nomor
2 digit KD-KI-3 (pengetahuan) dan KD-KI-4
(ketrampilan)
|
INDIKATOR
Tulis dengan nomor 3 digit indicator KD-KI-3
(pengetahuan) dan indicator KD-KI-4 (ketrampilan)
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
TEKNIK PENILAIAN
|
SEBARAN SOAL/RUBRIK
PENILAIAN
|
|||
Kriteria Penetapan Ketuntasan
|
|||||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
Rata-rata KKM
|
||||
Kompleksitas :
Tinggi = 50-64
Sedang = 65-80
Rendah = 81-100
|
Daya dukung :
Tinggi = 81-100
Sedang = 65-80
Rendah = 50-64
|
Intake :
Tinggi = 81-100
Sedang = 65-80
Rendah= 50-64
|
1.
Instrumen dan Rubrik Penilaian KI-1 (Sikap
Spiritual) melalui Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
ASPEK YANG AKAN DINILAI
MELALUI PENGAMATAN
(Sesuai
dengan KD dari KI-1 aspek Sikap Spiritual dalam Permendikbud NO. 37 Tahun
2018)
|
Catatan
|
|||||||||||||||||||
Menjawab Salam
|
Berdoa (Awal Pelajaran)
|
Membaca Basmalah
|
Membaca Hamdalah
|
Berdoa (Akhir Pelajaran)
|
||||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
Keterangan:
BT : Belum Terlihat, MT : Mulai
Terlihat, MB : Mulai Berkembang, SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai
2.
Contoh Instrumen dan Rubrik Penilaian
KI-2 (Sikap Sosial) melalui Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
ASPEK
YANG DINILAI MELALUI PENGAMATAN
(Sesuai dengan KD dari KI-2 aspek Sikap
Sosial dalam Permendikbud NO. 37 Tahun 2018)
|
Catatan
|
|||||||||||||||||||||||
Nasionalisme
|
Disiplin
|
Percaya diri
|
Jujur
|
Tangguh
|
Rasa ingin tahu
|
|||||||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
Keterangan:
BT : Belum Terlihat, MT : Mulai
Terlihat, MB : Mulai Berkembang, SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai
3.
Contoh Instrumen dan Rubrik Penilaian KI-3
(Pengetahuan)
Teknik Penilaian IPK KD dari KI3
(pengetahuan) Melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan
CONTOH FORM SOAL PILIHAN GANDA
1.
……………………………………………………………………………………………….
2.
…………………………………………………………………..………………………….
3.
…………………………………………………………………..………………………….
4.
…………………………………………………………………..………………………….
5.
…………………………………………………………………..………………………….
6.
…………………………………………………………………..………………………….
CONTOH FORM SOAL URAIAN
1.
…………………………………………………………………..………………………….
2.
…………………………………………………………………..………………………….
3.
…………………………………………………………………..………………………….
4.
…………………………………………………………………..………………………….
5.
…………………………………………………………………..………………………….
CONTOH FORM JAWABAN DAN SKOR
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
6
|
||
JUMLAH SKOR MAKASIMAL
|
.
N-1
|
:
|
Skor Perolehan
|
X
|
100
|
Skor Maksimal
|
Jawaban dan Bobot Soal Uraian
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
JUMLAH SKOR MAKASIMAL
|
.
N-2
|
:
|
Skor Perolehan
|
X
|
100
|
Skor Maksimal
|
NILAI AKHIR
N-A
|
:
|
N-1 x 40
|
+
|
N-2 x 60
|
100
|
4.
Instrumen dan Rubrik Penilaian KI-4
(Ketrampilan)
Teknik Penilain IPK KD dari KI4
(ketrampilan) melalui praktik, produk, proyek, portofolio
CONTOH
Indikator :
4.1.1
________________________________________________________________________
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Ketrampilan Yang Dinilai
|
Skor Perolehan
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
Tuntas
|
Belum Tuntas
|
Remidi
|
Pengayaan
|
||||||||
Keterangan Penilain
0
=
tidak tepat
1
=
kurang tepat
2
=
tepat
N-1
|
:
|
Skor Perolehan
|
X
|
100
|
Skor Maksimal
|
J.
REMEDIAL
Peserta didik yang belum menguasai
materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru.
Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas
individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada
waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar,
apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam
pelajaran selesai).
CONTOH
PROGRAM REMIDI
Sekolah :
........................
Kelas/Semester :
........................
Mat
Pelajaran :
........................
Ulangan
Harian Ke :
........................
Tanggal
Ulangan Harian :
........................
Bentuk
Ulangan Harian :
........................
Materi
Ulangan Harian : ........................
(KD/Indikator :
........................
KKM :
........................
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Nilai
Ulangan
|
Indikator
yang Belum Dikuasai
|
Bentuk
Tindakan Remedial
|
Nilai
Setelah Remedial
|
Ket.
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
dst,
|
K.
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik
yang sudah menguasai materi sebelum
waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa
pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain
yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat
dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
L.
Interaksi Guru dengan Orang Tua
Interaksi guru dengan orang tua perlu
dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik memperlihatkan
kolom “Membaca dengan Tartil” dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan mengunakan buku
penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan
tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait dengan
materi.
……….............……..,.....................
Peserta
PPG
…………………………………….
NIP/NRK.
Catatan Instruktur
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
Catatan Guru Pamong
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
0 comments: